15+ Pendidikan Untuk Anak Agar Selalu Mandiri Dan Berani

  • April 19, 2019

Anak-anak adalah suatu harta yang sangat berharga sekali bagi orang tua. Kita akan selalu berusaha untuk memberikan semua hal terbaik yang kita miliki untuk anak. Tak ayal memang banyak orang tua yang berani berkorban untuk anak. Pengorbanan yang dapat kita lakukan selain dengan memberikan segala materi dan kasih sayang yaitu dengan memberikan pendidikan yang bagus. Pendidikan tentu saja gak cuma pendidikan pelajaran sekolah, melainkan yang paling penting banget pendidikan moral dan mental agar anak bisa selalu tampil dengan berani dan mandiri serta selalu percaya diri. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendidik anak?
1. Menyuruh anak memulai hal baru. Mungkin anak akan malu dan gak mau pas awalnya. Dan hal ini yang harus kita gunakan untuk memberi semangat.
2. Memberikan kepercayaan kepada anak. Dengan memberikan kepercayaan pada anak, nantinya akan menjadi percaya diri dan mampu mengemban janji serta tugas.
3. Biasakan agar anak memiliki pemikira kritis. Dengan begitu, anak akan bisa lebih mengerti berbagai makna dari kehidupan yang harus ia pahami.
4. Memberikan contoh kepada anak. Dengan memberikan contoh pada anak, maka anak nantinya memiliki patokan yang baik.
5. Anak harus memiliki pikiran logis. Pikiran logis anak mungkin akan sulit, tapi memang harus sangat kita ajarkan kepada anak kita.
6. Jangan menakuti anak. Ini sering banget dilakuin anak. Banyak yang menggunakannya untuk bercanda. Akan tetapi jangan terlalu banyak karena menimbulkan sifat penakut.
7. Jangan bilang kalau anak gak bisa. Kalau anak gak bisa melakukan sesuatu, maka jangan bilang gak bisa. Lebih baik kita menolong sampai anak bisa. Hal ini jauh lebih baik.
8. Jangan memaksa anak. Kalau anak gak mau, ya jangan di paksa. Lebih baik merayunya dengan sabar agar anak mau mendengarkan apa yang kita mau.
9. Latih anak sejak dini. Melatih anak agar mandiri dan berani tentu saja langkah tepat. Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu mungkin dengan cara membiarkan anak beli barang sendiri di toko.
10. Ajari anak tentang resiko. Kita harus mengajari kepada anak kalau semua hal yang kita lakukan itu akan ada akibatnya. Baik itu akibat baik atau bagus.
11. Membiarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan begini sifat mandiri bisa muncul.
12. Memberikan batasan pada anak. Batasan tentu saja harus ada. Anak harus mengerti mana yang boleh dan mana yang gak boleh.
13. Memberikan stimulus cukup. Stimulus sangat perlu, tapi jangan berlebihan.
14. Membangun ikatan dengan anak. Ikatan dengan anak akan membuat anak menjadi percaya kepada kita dan akhirnya memiliki sifat berani dan mandiri yang bagus.
15. Memberikan pujian pada anak. Pujian juga perlu kita berikan pada anak agar anak merasa senang dengan semua hal yang ia lakukan.
Itulah beberapa pendidikan mandiri dan berani untuk anak. tibuku .

Seward

E-mail : admin@verecondos.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*