Bagaimana Bikin Kaos dengan Jenis Jahitan Kualitas Distro

  • April 5, 2019

Bikin Kaos Jahitan Distro – Jenis jahitan dalam pembuatan kaos berkualitas standar distro memiliki beragam tipe jahitan dari mulai jahitan overdeck, jahitan rantai, dan jahitan obras. Jenis-jenis jahitan ini menjadi barometer yang secara umum menjadi perhatian pada saat pembelian kaos distro.

Untuk mengetahui jenis jahitan kualitas distro, berikut ini adalah paparan bagaimana bikin kaos dengan jenis jahitan kualitas distro yang mungkin belum anda ketahui.
1. Jahitan overdeck
Jahitan overdeck merupakan tipe jahitan dari penggunaan mesin jahit overdeck high speed. Penggunaan mesin jahit overdeck untuk menghasilkan kualitas jahitan kaos distro diterapkan pada beberapa bagian kaos sepeti bagian bawah kaos dan bagian lengan kaos. Proses menjahitnya adalah dengan melipat potongan kain lalu merapihkannya dengan mesin jahit overdeck. Jahit kurmis menjadi salah satu modifikasi jahitan overdeck yang menggabungkan penggunaan 5 benang dengan 3 jarum. Sementara jahitan overdeck biasa menggabungkan penggunaan 3 benang dengan 2 jarum jahit.
Hasil jahitan dengan mesin overdeck akan membuat kaos menjadi lebih awet dan tahan lama pada jahitannya sehingga membuat kelayakan penggunaan kaos dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Jahitan rantai
Sesuai dengan nama jenis jahitannya, jahitan rantai menghasilkan sambungan benang menyerupai rantai. Penerapan tipe jahitan ini diaplikasikan pada saat menjahit bagian pundak kanan kaos, bagian pundak kiri kaos dan bagian belakang leher kaos. Pada mulanya penerapan jahitan rantai dalam proses bikin kaos hanya untuk memudahkan pembuatan kaos. Hanya saja sekarang ini jahitan rantai telah menjadi standar kualitas distro dalam pembuatan kaos. Hal ini berdasar pada hasil jahitannya yang unik dan rapi.
Pada jahitan rantai terdapat bis yang difungsikan untuk menutup jahitan obras di bagaian pundak kaos supaya jahitan terkesan lebih sempurna. Terapan jahitan dengan bis ini adalah turunan dari jahitan rantai itu sendiri.

3. Jahitan obras
Penggunaan mesin jahit high speed menghasilkan jahitan jenis obras. Jenis jahitan ini memiliki fungi sebagai penggabung 2 potongan kain. Penerapanya pada jahitan kaos adalah sebagai penggabung potongan kain bagian badan dengan rib, potongan bagian badan kaos dengan potongan bagian tangan, juga potongan kedua bagian badian.

Mesin obras untuk menghasilkan jenis jahitan obras menggunakan pemasangan benang dan jarum yang variatif seperti 1 atau 2 jarum dengan 3 sampai 5 benang. Penerapan jahitan obras untuk kualitas distro banyak yang memakai varian jahitan obras 2 jarum dengan 4 benang obras.

Warna benang jahit baik pada mesin overdeck, mesin standar atau obras menggunakan waran benang yang selaras dengan warna kaos sehingga hasilnya terlihat lebih rapih dan membuat kualitas jahitan kaos menjadi sempurna.

Sementara itu jenis kain yang digunakan untuk bikin kaos standar kualitas distro menggunakan kain berbahan cotton combed dengan tipe 20s, 24s dan 30s yang nyaman dan adem saat dipakai.

Seward

E-mail : admin@verecondos.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*