Macam-Macam Busana Muslim

  • May 14, 2019

Sandang merupakan kebutuhan primer manusia. Selain berfungsi untuk melindungi dari sinar matahari, kotoran, busana juga berfungsi sebagai identitas diri. Ketika orang berbusana serba hitam, identik dengan rocker, ketika wanita berbusana serba pink identic dengan feminim. Untuk umat muslim selain untuk melindungi dari sinar matahari dan identitas diri, busana juga berguna untuk menutup aurat. Umat muslim identik memakai busana muslim. Mendekati bulan Ramadhan, busana muslim menjadi busana yang wajib dimiliki untuk menghadiri kegiatan-kegiatan di bulan ramadhan seperti pengajian, shalat tarawih dan untuk idul fitri pun ketika shalat id semua umat muslim pasti memakai busana muslim. Di Indonesia yang mayoritas umat muslim, busana muslim ada bermacam macam. Yaitu :

  1. Gamis
    Gamis berasal dari bahasa arab yaitu Qhamis yang artinya pakaian. Qhamis diserap kedalam bahasa Indonesia menjadi gamis. Gamis bisa dikenakan oleh wanita ataupun pria. Di Timur tengah, gamis sering disebut Thobe. Gamis merupakan pakaian seperti jubbah berlengan panjang dan baju panjang hingga bawah lutut. Pada zaman modern ini, gamis sudah menjadi berbagai model. Gamis kebaya untuk undangan, gamis casual dalam pakaian sehari-hari dan masih banyak lagi. Istilah gamis lebih identic pada wanita. Pada pria, busana gamis lebih sering disebut jubbah.
  2. Tunik
    Tunik merupakan pakaian berlengan yang panjangnya hingga pinggul atau sampai lutut. Dahulu tunik disebut baju padang , karena perempuan padang sering memakai busana seperti itu. Tetapi, pada zaman sekarang tunik merupakan salah satu busana muslim yang cocok dipakai kemana saja. Dengan berbagai model, kita bisa tetap trendi dan syari ketika memakai tunik.
  3. Baju Koko
    Istilah baju koko pasti tidak lepas dari busana muslim. Baju koko atau disebut baju taqwa merupakan busana muslim untuk pria. Ciri baju koko berkerah berdiri dan kancing depan, diadaptasi dari busana Cina. Oleh karena itu disebut baju koko. Istilah baju taqwa berasal dari literasi jawa. Baju ini merupakan baju resmi untuk berdakwah sunan Kalijaga.
  4. Sarung
    Sarung merupakan sepotong kain lebar, cara memakainya dibebatkan pada pinggang yang berguna untuk menutup tubuh bagian bawah (pinggang kebawah). Sarung dibuat dengan bermacam macam bahan seperti katun, sutra atau polyester. Sarung lebih identic dipakai oleh laki-laki. Biasanya sarung digunakan ketika bersantai di rumah, untuk shalat ataupun dalam acara resmi dalam melengkapi baju adat tertentu.

5.Peci
Peci merupakan penutup kepala. Orang Indonesia sering menyebutnya kopiah. Peci identic dengan warna hitam. Biasanya peci digunakan ketika shalat atau menghadiri acara resmi seperti upacara perkawinan, upacara keagamaan, dalam menyambut idul fitri dan idul adha. Peci digunakan sebagai pelengkap baju adat melayu ndonesia yang dipakai ketika menghadiri pertemuan-pertemuan tertentu. Tokoh-tokoh utama Negara pada zaman dulu mengenakan peci sebagai identitas Negara dan symbol perjuangan.

Seward

E-mail : admin@verecondos.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*