Tukang Service Kulkas Harus Pelajari Hal Ini

  • March 26, 2019

 

Dalam setiap sistem peralatan elektronik pasti terdapat berbagai komponen yang harus diketahui, terutama bagi anda yang akan memanfaatkan peluang bisnis menjadi tukang service kulkas. Maka dari itu belajar memperbaiki kulkas maupun alat pendingin lainnya tidak bisa dibilang mudah. Diperlukan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi, tentunya karena memperbaiki alat elektronik yang berhubungan dengan listrik memiliki resiko yang cukup tinggi. Untuk menghindari resiko yang kemungkinan terjadi, anda harus mempelajari tentang alat lemari pendingin tahap demi tahap agar ketika menemukan permasalahan pada kulkas tersebut anda bisa mengetahui sebab kerusakan dan bisa memperbaikinya.

Pengetahuan dasar yang harus di ketahui oleh tukang service kulkas diantaranya komponen yang ada pada alat pendingin dan fungsinya, sistem kelistrikan alatnya refrigerator dan cara kerjanya. Cara kerja alat refrigerator ini adalah pertama anda harus menyalakan kulkas anda yaitu menyambungkannya pada aliran listrik yang ada dirumah anda kemudian compressor pun mulai menyala sehingga gas freon atau refrigrant terpompa melalui pipa discharge menuju kondensor (gas dalam tekanan paling tinggi). Setelah proses itu gas freon akan menyumbat yang berakibat panas dan gas freon berubah menjadi butiran embun lalu berubah jadi cair sebelum masuk ke filter. Di dalam filter itu juga cairan gas freon di saring sehingga tidak ada lagi kotoran yang masuk ke pipa kapiler.

Selanjutnya cairan gas tersebut masuk ke pipa kapiler sampai tekanan di dalamnya berkurang dan menyebabkan cairan gas tadi bertekanan rendah yang kemudian menyembur ke evaporator. Di dalam komponen tersebut gas cairan lalu menguap menjadi gas kembali sambil mengambil udara panas di dalamnya. Terakhir gas freon akan kembali ke compresor. Proses pendinginan ini akan terjadi berulang-ulang sampai temperatur kulkas tercapai karena suhu berubah menjadi minus dan thermostat memutus arus listrik ke compressor. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa compressor merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah alat pendingin seperti kulkas ini.
Hal selanjutnya yang harus dipelajari oleh seorang tukang service kulkas adalah sistem kelistrikan alat pendingin dalam hal ini adalah kulkas dengan 2 pintu. Berikut penjelasannya secara singkat:

Ketika kulkas dihubungkan pada tenaga listrik dengan thermostrat yang on maka komponen lain seperti timer deforst, fan motor, compressor dan yang lainnya akan bekerja. Namun jika off yang aktif hanya lampu ruang refrigerator. Compressor pun memompa gas refrigrant untuk menurunkan ruang freezer secara perlahan sampai suhu yang telah ditentukan thermostat dan tetap menjaga suhu dingin di freezer. Jika compressor ini mati temperatur ruangan akan naik tetapi dengan thermostat ruang freezer akan tetap terjaga dalam ukuran suhu yang telah ditentukan.

Seward

E-mail : admin@verecondos.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*